MULTIMEDIA : Produksi Konten Multimedia
A.Pengertian Produksi Konten Multimedia
Untuk mengetahui pengertian produksi
konten multimedia itu sendiri harus di telah kata demi kata. “Multimedia adalah
penggunaan dan pemrosesan beberapa media
( text,audio,graphics,animation,video,and interactivity )yang berbeda untuk
menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia ( music, video,
film,game,entertaiment,dll).Atau bisa juga diartikan penggunaan sejumlah
teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media
(text,audio,graphics,animation,video,interactivity)dengan cara yang baru untuk
tujuan komunikasi. Konten sendiri berdasarkan KBBI mengandung arti informasi
yang tersedia melalui media atau produk elektronik,.Sedangkan produksi itu
sendiri memiliki pengertian menciptakan atau membuat sekaligus menghasilkam
sesuatu hal.
Berdasarkan
uraian diatas dapat disimpulkan bahwa produksi konten multimedia adalah
penggabungan beberapa media dengan bantuan teknologi untuk menghasilkan suatu
produk multimedia yang bisa digunakan sebagai sarana penyampaian informasi
dengan adanya tujuan
komunikasi.
Proses Produksi Konten Multimedia
Secara umum proses produksi multimedia dirancang dengan tiga
tahap sebagai berikut:
1. Pra
produksi
Tahap pra produksi adalah segala
kegiatan yang berhubungan dengan segala persiapan sebelum melakukan produksi
2. Produksi
Tahap produksi merupakan tahap
inplementasi pra produksi dimana semua anggota tim pengembang multimedia
bekerja
3. Tahap
pasca produksi
Adalah tahap penyelesaian produksi
multimedia menjadi hasil akhir. Tahap pasca produksi diterapkan terutama pada
bidang multimedia broadcasting: program televisi, video, photografi, dan animasi.
B.Proses Produksi Konten Multimedia
1.Proses
Akuisisi
Pengambilan alihan konten media dalam
multimedia konten baik harus bersumber atau jika tidak tersedia maka harus dibuat.
Ini berarti bahwa sumbernya harus di identifikasi,dipilih diisi dan di peroleh,
atau harus di kembangkan .sebagian besar kendala menentukan apakah konten yang
di kembangkan, di beli atau di pinjam. Copy right isu adalah kendala berikut
yang penting, yang mempengaruhi generasi konten . tanggung jawab utama terletak
pengembanagn konten-konten spesialis, script writer atau komputer graphis artis.
2.
Digitalisasi
Digitalisasi merupakan proses merubah
bentuk analog menjadi digital.
a.
Image
Mengunakkan kamera analog, kemudian dapat di lakukan
image prosesing pada computer secara digital pada berbagai software di antaranya;
·
Paint ( untuk
proses pewarnaan)
·
Microsoft paint
·
Lview pro
·
Paint soft pro
·
Corel draw
·
Power point
b. Audio
Awalnya
komputer menggunakkan speaker internal sound card,CD.salah satu kunci maraknya
musik digital adalah kemajuan teknolgi kompresi data. Kompresi atau penempatan
data memungkinkan data audio atau data jenis lainnya yang berukuran besar di
tekan ukuran jadi jauh lebih kecil dengan menggunakkan program seperti WinZip,
berarti anda mengkompresi data karena WinZip adalah program mengkrompesi data penghematan
yang di capai dari kompresi bisa di lihat dari CD berisi musik dalam program
MP3 yang banyak beredar di pasar indonesia
3.Audio Sampling
·
Transformasi
dari sinyal continous (time) dependend kedata diskrit.
·
Quantized
amplitude signal sampling size (byte)
·
Sampling;
interval antara pengambilan data.
·
Sampel rate /
Frequency = banyaknya sampling perdetik (Hz).
4.Editing
Editing adalah proses menggerakkan dan menata video shot/hasil rekaman
gambar menjadi suatu rekaman gambar yang baru dan enak di lihat.Secara umum
pekerjaan editing adalah berkaitaan dengan proses pasca produksi,seperti
titling,colour,correction,sound mixing,dsb.
Editing
software multimedia memberikan kemampuan untuk membuat video atau rekaman audio.Editing yang baik membutuhkan
waktu dan beberapa keterampilan.Paket editing langsung seperti Garage
Band,Audacity,iMovie,dan Adobe Premiere Elements.
Tujuan Editing:
1.Memindahkan klip
video yang tak dikehendaki.
2.Memilih gambar dan
klip yang terbaik
3.Menciptakan arus
4.Menambahkan efek,grafik,musik,dll
5.Mengubah gaya dan suasana hati dan langkah
dari gambar.
6.Memberikan sudut yang menarik bagi hasil
rekaman.
Metode
Editing
a. Film
Splicing/ penyambungan film
b. Tape
to tape (linear)
c. Digital/komputer
(non linear)
d. Live
Editing
5.Authoring
•
Melibatkan menyusun,strukturisasi dan menyajikan
informasi dalam bentuk dokumen yang dibuat dibeberapa media atau media
(Csinger,1995)
•
Secara tradisional
telah diterapkan pada produksi dokumen teks statis.
•
Dengan munculnya
sistem multimedia digital yang dapat menggabungkan teks, audio, dan gambar
bergerak, proses authoring menjadi jauh lebih kompleks.
Sistem multimedia interaktif
memungkinkan pengguna untuk mengubah konten yang disajikan.
Proses
Authoring
•
Semua sistem authoring memerlukan
proses yang penulis perlu untuk mengikuti,untuk efektif menyampaikan ide-ide mereka kepada konsumen
konten.
•
Proses yang terlibat dalam menciptakan
sebuah presentasi multimedia digital telah berevolusi dari proses yang
digunakan dalam sistem media massa
authoring,dan beberapa diantaranya digunakan sebagai metafora untuk mendukung
proses penciptaan multimedia.
•
Sebagai contoh,PowerPoint menggunakan
metafora slideshow,yang berhubungan dengan kuliah presentasi berdasarkan
proyektor slide (optik).
Software
Multimedia Authoring
•
Video Productions
•
Animation
•
Games
•
Presentation
•
Interactive training
6.Animation
Animation adalah
“ilusion of motion”.Animasi yakni teknik yang membuat gambar yang bergerak.Cara
ini dapat dibuat dengan mudah menggunakan perangkat lunak seperti Ulead GIF
Animator,yang akan membuat deretan gambar tersebut disimpan pada sebuah berkas
dengan eksistensi.gif.
Teknik animasi
yang lain yang terkenal adalah Morphing .Teknik ini dilakukan dengan
menggunakan konsep metamorfose dari suatu gambar awal menjadi gambar akhir.
Jenis jenis Animasi
•
Animasi cel
Merupakan lembaran-lembaran yang
membentuk animasi tunggal.
Di gambar manual (dengan tangan
).
•
Animasi Sprite
Gambar yang bergerak
latarbelakangnya diam.
•
Animasi Karakter
Biasanya terdapat dalam film
kartun.Semua bagian dalam film kartun selalu bergerak bersamaaan.
•
Animation Vektor
Animasi ini mirip dengan animasi
sprite ,tetapi animasi sprite menggunakan bitmap sedangkan animasi vektor
menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan sprite-nya.
Visual
Efek Animasi
•
Motion Dynamics; efek yang disebabkan
perubahan posisi terhadap waktu.
•
Update Dynamics; efek yang disebabkan
perubahan pada waktu suatu obyek (bentuk,warna ,struktur,dan tekstur)
•
Perubahan cahaya,posisi,orientasi dan
fokus kamera.
Contoh
Perangkat Lunak Animasi
•
Macromedia Flash
Merupakan perangkat lunak
animasi yang banyak digunakan,baik untuk web,presentasi,dll. Bersifat Komersial
dan di produksi oleh Macromedia Inc.
•
Houdini Animation Software
Bersifat komersial dan
diproduksi oleh Side Effect Software
•
Power Animator
Merupakan generasi pendahulu
untuk membuat animasi.Bersifat komersial dan diproduksi oleh Alias Systems
Corporation.
KESIMPULAN
1.
Produksi konten
multimedia adalah penggabungan beberapa media dengan bantuan teknologi untuk
menghasilkan suatu produk multimedia yan bisa digunakan sebagai sarana
penyampaian informasi dengan adanya tujuan komunikasi.
2. Proses
Produksi Konten Multimedia ada 3 yaitu praproduksi,produksi dan pasca produksi.
3. Proses Produksi Konten Multimedia
a.Proses
Akuisisi
Pengambilan alihan konten media dalam
multimedia konten baik harus bersumber atau jika tidak tersedia maka harus dibuat.
b.
Digitalisasi
Digitalisasi merupakan proses
merubah bentuk analog menjadi digital seperti Image dan Audio.
c.
Audio Sampling
d.
Editing
e.Authoring
f.Animasi
Komentar
Posting Komentar