MULTIMEDIA : Produksi Konten Multimedia

A.Pengertian Produksi Konten Multimedia

     Untuk mengetahui pengertian produksi konten multimedia itu sendiri harus di telah kata demi kata. “Multimedia adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa  media ( text,audio,graphics,animation,video,and interactivity )yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia ( music, video, film,game,entertaiment,dll).Atau bisa juga diartikan penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (text,audio,graphics,animation,video,interactivity)dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Konten sendiri berdasarkan KBBI mengandung arti informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik,.Sedangkan produksi itu sendiri memiliki pengertian menciptakan atau membuat sekaligus menghasilkam sesuatu hal.
     Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa produksi konten multimedia adalah penggabungan beberapa media dengan bantuan teknologi untuk menghasilkan suatu produk multimedia yang bisa digunakan sebagai sarana penyampaian informasi dengan adanya tujuan
komunikasi.


Proses Produksi Konten Multimedia
Secara umum proses produksi multimedia dirancang dengan tiga tahap sebagai berikut:
1.      Pra produksi
Tahap pra produksi adalah segala kegiatan yang berhubungan dengan segala persiapan sebelum melakukan produksi
2.      Produksi
Tahap produksi merupakan tahap inplementasi pra produksi dimana semua anggota tim pengembang multimedia bekerja
3.      Tahap pasca produksi
Adalah tahap penyelesaian produksi multimedia menjadi hasil akhir. Tahap pasca produksi diterapkan terutama pada bidang multimedia broadcasting: program televisi, video, photografi, dan animasi.



B.Proses Produksi Konten Multimedia

  1.Proses Akuisisi
     Pengambilan alihan konten media dalam multimedia konten baik harus bersumber atau jika tidak tersedia maka harus dibuat. Ini berarti bahwa sumbernya harus di identifikasi,dipilih diisi dan di peroleh, atau harus di kembangkan .sebagian besar kendala menentukan apakah konten yang di kembangkan, di beli atau di pinjam. Copy right isu adalah kendala berikut yang penting, yang mempengaruhi generasi konten . tanggung jawab utama terletak pengembanagn konten-konten spesialis, script writer atau komputer graphis artis.

  2. Digitalisasi
      Digitalisasi merupakan proses merubah bentuk analog menjadi digital.
a.       Image
Mengunakkan kamera analog, kemudian dapat di lakukan image prosesing pada computer secara digital pada berbagai software di antaranya;
·         Paint ( untuk proses pewarnaan)
·         Microsoft paint
·         Lview pro
·         Paint soft pro
·         Corel draw
·         Power point
b. Audio
  Awalnya komputer menggunakkan speaker internal sound card,CD.salah satu kunci maraknya musik digital adalah kemajuan teknolgi kompresi data. Kompresi atau penempatan data memungkinkan data audio atau data jenis lainnya yang berukuran besar di tekan ukuran jadi jauh lebih kecil dengan menggunakkan program seperti WinZip, berarti anda mengkompresi data karena WinZip adalah program mengkrompesi data penghematan yang di capai dari kompresi bisa di lihat dari CD berisi musik dalam program MP3 yang banyak beredar di pasar indonesia

3.Audio Sampling
·         Transformasi dari sinyal continous (time) dependend kedata diskrit.
·         Quantized amplitude signal sampling size (byte)
·         Sampling; interval antara pengambilan data.
·         Sampel rate / Frequency = banyaknya sampling perdetik (Hz).


4.Editing
    Editing adalah proses menggerakkan dan menata video shot/hasil rekaman gambar menjadi suatu rekaman gambar yang baru dan enak di lihat.Secara umum pekerjaan editing adalah berkaitaan dengan proses pasca produksi,seperti titling,colour,correction,sound mixing,dsb.
  Editing software multimedia memberikan kemampuan untuk membuat video atau rekaman audio.Editing yang baik membutuhkan waktu dan beberapa keterampilan.Paket editing langsung seperti Garage Band,Audacity,iMovie,dan Adobe Premiere Elements.
 
  Tujuan Editing:
  1.Memindahkan klip video yang tak dikehendaki.
  2.Memilih gambar dan klip yang terbaik
  3.Menciptakan arus
  4.Menambahkan efek,grafik,musik,dll
  5.Mengubah gaya dan suasana hati dan langkah dari gambar.
  6.Memberikan sudut yang menarik bagi hasil rekaman.
Metode Editing
a.       Film Splicing/ penyambungan film
b.      Tape to tape (linear)
c.       Digital/komputer (non linear)
d.      Live Editing

 
5.Authoring
          Melibatkan menyusun,strukturisasi dan menyajikan informasi dalam bentuk dokumen yang dibuat dibeberapa media atau media (Csinger,1995)
         Secara tradisional telah diterapkan pada produksi dokumen teks statis.
         Dengan munculnya sistem multimedia digital yang dapat menggabungkan teks, audio, dan gambar bergerak, proses authoring menjadi jauh lebih kompleks.
Sistem multimedia interaktif memungkinkan pengguna untuk mengubah konten yang disajikan.

Proses Authoring
      Semua sistem authoring memerlukan proses yang penulis perlu untuk mengikuti,untuk efektif  menyampaikan ide-ide mereka kepada konsumen konten.
      Proses yang terlibat dalam menciptakan sebuah presentasi multimedia digital telah berevolusi dari proses yang digunakan  dalam sistem media massa authoring,dan beberapa diantaranya digunakan sebagai metafora untuk mendukung proses penciptaan multimedia.
      Sebagai contoh,PowerPoint menggunakan metafora slideshow,yang berhubungan dengan kuliah presentasi berdasarkan proyektor slide (optik).


Software Multimedia Authoring

         Video Productions
         Animation
         Games
         Presentation
         Interactive training


6.Animation

     Animation adalah “ilusion of motion”.Animasi yakni teknik yang membuat gambar yang bergerak.Cara ini dapat dibuat dengan mudah menggunakan perangkat lunak seperti Ulead GIF Animator,yang akan membuat deretan gambar tersebut disimpan pada sebuah berkas dengan eksistensi.gif.
     Teknik animasi yang lain yang terkenal adalah Morphing .Teknik ini dilakukan dengan menggunakan konsep metamorfose dari suatu gambar awal menjadi gambar akhir.

   Jenis jenis Animasi
         Animasi cel  
Merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal.
Di gambar manual (dengan tangan ).
         Animasi Sprite
Gambar yang bergerak latarbelakangnya diam.
         Animasi Karakter
Biasanya terdapat dalam film kartun.Semua bagian dalam film kartun selalu bergerak bersamaaan.
         Animation Vektor
Animasi ini mirip dengan animasi sprite ,tetapi animasi sprite menggunakan bitmap sedangkan animasi vektor menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan sprite-nya.

Visual Efek Animasi
         Motion Dynamics; efek yang disebabkan perubahan posisi terhadap waktu.
         Update Dynamics; efek yang disebabkan perubahan pada waktu suatu obyek (bentuk,warna ,struktur,dan tekstur)
         Perubahan cahaya,posisi,orientasi dan fokus kamera.


Contoh Perangkat Lunak Animasi

         Macromedia Flash
Merupakan perangkat lunak animasi yang banyak digunakan,baik untuk web,presentasi,dll. Bersifat Komersial dan di produksi oleh Macromedia Inc.
         Houdini Animation Software
Bersifat komersial dan diproduksi oleh Side Effect Software
         Power Animator
Merupakan generasi pendahulu untuk membuat animasi.Bersifat komersial dan diproduksi oleh Alias Systems Corporation.


KESIMPULAN

1.      Produksi konten multimedia adalah penggabungan beberapa media dengan bantuan teknologi untuk menghasilkan suatu produk multimedia yan bisa digunakan sebagai sarana penyampaian informasi dengan adanya tujuan komunikasi.

2.      Proses Produksi Konten Multimedia ada 3 yaitu praproduksi,produksi dan pasca produksi.
3.      Proses Produksi Konten Multimedia
  a.Proses Akuisisi
     Pengambilan alihan konten media dalam multimedia konten baik harus bersumber atau jika tidak tersedia maka harus dibuat.
            b. Digitalisasi
                 Digitalisasi merupakan proses merubah bentuk analog menjadi digital seperti Image dan Audio.
            c. Audio Sampling
            d. Editing
            e.Authoring
            f.Animasi


Komentar